Breaking News

PENGERTIAN PASAR

Hi, Sobat di Manapun anda berada! Kali ini, saya akan kasih sedikit pengetahuan tentang pelajaran Ekonomi pada Kelas X. Namun, pada kesempatan ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai pengertian pasar.


PENGERTIAN PASAR

Sumber daya alam yang melimpah merupakan pemberian Tuhan yang patut kita syukuri. Contohnya : Hasil Pertanian, Perkebunan, Sayur Mayur dan lain sebagainya. Salah satu upaya manusia untuk memberdayakan hasil alam, yaitu dengan memperjual belikan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, terbentuklah sebuah wadah yang kegiatannya berupa transaksi jual beli, yaitu Pasar

Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual. Di pasar, pembeli dan penjual memiliki tujuan yang berbeda. Pembeli memiliki tujuan mencari sejumlah barang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun penjual memiliki tujuan menawarkan sejumlah barang hasil produksinya.

Dalam istilah ekonomi, pembeli adalah orang yang memesan hasil produksi, yang di katakan sebagai permintaan. Adapun penjual adalah orang yang menawarkan hasil produksinya atau di katakan sebagai penawaran. Hasil kesepakatan antara penjual dan pembeli akan menciptakan keseimbangan harga.

Pasar merupakan tempat yang sangat penting bagi kegiatan ekonomi. Dengan adanya pasar, aktivitas produksi dan konsumsi meningkat. Begitu pentingnya pasar, sehingga tidak sedikit negara yang di jadikan pasar sebagai indikator majunya perekonomian suatu negara.

Terima kasih atas kunjungan anda di Blog saya, semoga pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda. Karena di sini, kita dapat saling bertukar Pengetahuan. Tunggu postingan kami selanjutnya! Muda Berkarya!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.