Breaking News

INI CARA KERJA HACKER DALAM HACK MEDSOS


Tidak semua pengguna media sosial dan internet, tahu cara melindungi akun mereka. Tidak hanya mengetahui cara melindungi akun, mereka pun masih belum paham cara kerja hacker dalam menghack akun sosial media mereka.

Dari pengalaman saya dalam terjun kedunia cyber, akhirnya saya paham bagaimana cara kerja sang hacker untuk mendapatkan akun akun sosial media orang lain. Berikut ulasan dari saya :

1. PHISING

Phising adalah salah satu cara yang paling banyak digunakan dalam aksi hacking. Karena ketika si korban terjebak dalam phising, maka besar kemungkinan sang hacker akan bisa meretas akun si korban dalam waktu yang singkat.

Ada berbagai cara dalam hal ini, yang paling banyak digunakan adalah sang hacker membuat halaman palsu yang se-olah olah halaman itu merupakan halaman yang asli, sehingga korban masuk ke halaman itu dan mempercayai bahwa itu merupakan halaman yang asli.

Ketika si korban sudah masuk perangkap dari phising, maka automatis data sandi si korban akan terlihat jelas dan terekam oleh sang hacker.

BAGAIMANA CARA MENGHIDARKAN DARI PHISING?
  • Periksa terlebih dahulu halaman URL, Jangan mudah percaya dengan website yang bisa di bilang cukup aneh dan asing untuk kita
  • Jangan pernah untuk login ke dalam media sosial anda pada perangkat lain
  • Gunakan browser yang bisa menghidarkan anda pada web phising. Biasanya ada peringatan terlebih dahulu sebelum anda memasuki suatu web, apakah web ini berbahaya atau tidak
  • Jangan mudah mengklik suatu link yang tidak jelas asal usulnya dan hindari link yang meminta anda untuk memasukkan alamat email serta password pada halaman tersebut
  • Spesial, saya kasih bocoran. Biasanya domain yang bercirikan (000webhost) itu kebanyakan link phising. Karena apa? Itu merupakan domain gratis, dan dari kebanyakan hacker tidak akan mau membeli domain yang berbayar seperti (com). Maka dari itu, sang hacker lebih memilih (000webhost). Bukan berarti yang berdomain (000webhost) itu web phising ya, lihat ciri lainnya dulu seperti sebelumnya yang saya sebutkan

2. TEKNIK SOSIAL

Teknik Sosial merupakan aksi hacking yang sangat sederhana yang didasarkan pada pengumpulan data data info pribadi si korban untuk memulihkan password pada korban.

Dari kebanyakan, informasi yang di kumpulkan itu Tanggal Lahir, Nomor Telepon, Pertanyaan Keamanan, Status Kehidupan Korban, dan lain lain. Setelah sang hacker telah mendapatkan informasi yang banyak, lalu sang hacker akan menggunakan metode pemulihan untuk mendapatkan sandi atau mengubah sandi anda.

BAGAIMANA CARA MENGHIDARI TEKNIK SOSIAL?

  • Jangan membagikan info pribadi ke publik melalui email dan telepon
  • Hindarkan dari link yang tidak jelas atau mencurigakan
  • Gunakan password yang tidak berhubungan dengan info pribadi
Itulah pembahasan mengenai hack medsos kali ini, semoga bermanfaat dan tetap waspada

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.